PERBANDINGAN 3 NEGARA DALAM BIDANG SISTEM CERDAS E-LEARNING
NAMA : ARI SETIA WATI
NPM ; 11114548
KELAS : 3KA30
E-Learning di Indonesia
Istilah E-Learning digunakan untuk
merujuk kepada cara pandang baru terhadap pembelajaran elektronik yang
terinspirasi oleh munculnya teknologi Web. Web adalah sebuah istilah yang
dicetuskan pertama kali oleh O’Reilly Media pada tahun 2003, dan dipopulerkan
pada konferensi web pertama di tahun 2004. Sistem konvensional pembelajaran
elektronik biasanya berbasis pada paket pelajaran yang disampaikan kepada siswa
dengan menggunakan teknologi Internet (biasanya melalui LMS). Peran siswa dalam
pembelajaran terdiri dari pembacaan dan mempersiapkan tugas. Kemudian tugas
dievaluasi oleh guru. Sebaliknya, E-learning memiliki penekanan pada
pembelajaran yang bersifat sosial dan penggunaan perangkat lunak sosial (social
networking) seperti blog, wiki, podcast dan Second Life. Fenomena ini juga
telah disebut sebagai Long Tail learning. Selain itu juga, E-learning erat
hubungannya dengan Web , social networking (Jejaring Sosial) dan Personal
Learning Environments (PLE).
Perkembangan E-Learning di Indonesia sejalan
dengan perkembangan Infrastruktur TIK. Beberapa program pengembangan Teknologi
Informasi dan Komunikasi khususnya Infrasruktur adalah:
§
1999-2000 Jaringan Internet
(Jarnet)
§
2000-2001 Jaringan Informasi
Sekolah (JIS)
§
2002-2003 Wide Area Network
Kota (WAN Kota)
§
2004-2005 Information and
Communication Technology Center (ICT Center)
§
2006-2007 Indonesia Higher Education
Network (Inherent)
§
2007-skrg Jejaring Pendidikan
Nasional (Jardiknas)
§
2008-skrg Southeast Asian
Education Network (SEA EduNet)
Dengan mulai berkembanganya penggunaan
internet, munculah situs E-Learning yang awalnya menjadi media sharring berbagai
materi pembelajaran, diantaranya:
Namun seiring dengan perkembangan
infrastruktur TIK tersebut maka institusi pendidikan mulai melakukan
pengembangan E-Learning.
Level Perguruan Tinggi
Beberapa Perguruan Tinggi mengembangkan
platform elearning sendiri, diantaranya:
Beberapa perguruan tinggi menggunakan
platform Moodle yang open source, diantaranya:
Sistem E-Learning tersebut ditujukan untuk
menjembatani dosen/guru dengan mahasiswa/siswa dalam proses belajar mengajar di
luar jam kuliah/sekolah. Undang-undang RI no. 20 tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional, pada pasal 31 menyatakan:
§
Pendidikan jarak jauh berfungsi
memberikan layanan pendidikan kepada kelompok masyarakat yang tidak dapat
mengikuti pendidikan secara tatap muka atau reguler.
§
Pendidikan jarak jauh
diselenggarakan pada semua jalur,jenjang dan jenis pendidikan.
§
Pendidikan jarak jauh
diselenggarakan dalam berbagai bentuk, modus dan cakupan yang didukung oleh
sarana dan layanan belajar serta sistem penilaian yang menjamin mutu lulusan
sesuai dengan standar nasional pendidikan
§
Bentuk pendidikan jarak jauh
mencakup program pendidikan tertulis (korespondensi), radio, audio/video, TV
dan/atau berbasis jaringan komputer
Dengan demikian sebenarnya E-Learning
dimungkinkan untuk penggunaan PJJ pada semua jalur,jenjang dan jenis pendidikan.
E-learning di Malaysia
Perkataan E-learning dalam konteks pendidikan di Malaysia kini mulai hangat diperkatakan.
Sebelum melangkah lebih jauh, Coba kita definisikan apakah makna E-Learning itu. Menurut Wahyu dan Yahya (2006),definasi
‘E-Learning’ atau electronic learning ini seringkali berubah-ubah selaras
dengan kemajuan teknologi dan juga seringkali di salah tafsirkan dalam
iklan-iklan promosi pendidikan. Secara umumnya, ‘E-Learning’ adalah sebarang
pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN,WAN atau
internet) untuk menyampaian isi kandungan, interaksi atau pemudahcaraan.
Internet, Intranet, satelit, tape audio/ video, TV interaktif dan CD ROM adalah
sebahagian media elektronik yang dimaksudkan di dalam kategori ini. Maka,konsep
e-learning ini adalah meluas dan bukannya sekadar pembelajaran atas talian
(online) semata.
Menurut Wahyu dan Yahya (2006) juga, perkembangan E-Learning di Malaysia adalah baru jika dibandingkan dengan negara-negara barat dan negara jiran, Singapura. Agenda IT Kebangsaan (NITA) telah dilancarkan pada Disember 1996 oleh ‘National IT Council (NITC) yang dipengerusikan oleh YAB Tun Dr Mahathir Mohamad, mantan Perdana Menteri Malaysia. NITA memberikan garis panduan bagaimana teknologi maklumat dan komunikasi, ICT dapat digunakan untuk menjadikan Malaysia sebuah negara maju selaraskan dengan Wawasan 2020 (NITC, 2001). Salah satu inisiatif awal NITC adalah untuk mewujudkan Koridor Raya Mltimedia, MSC bagi mencapai NITA. Strategi yang telah dirancangkan oleh NITC ialah ‘e-community, ‘e-public services’, ‘e-learning’, ‘e-economy’, dan ‘e-sovereignty’. Kementerian Pendidikan Malaysia dan sektor swasta seperti MIMOS dan Kumpulan Utusan pula telah dipertanggungjawapkan untuk menjayakan agenda ‘e-learning’ kebangsaan.
Banyak perbincangan yang telah dibuat untuk membuat perbandingan di antara kaedah pembelajaran taradisional dengan e-learning. Kaedah tradisional dikatakan tidak menjadikan suasana pembelajaran aktif berbanding dengan e-learning. Pelajar pada zaman ini yang digelar pelajar 'Net Generation' atau 'Millennial' mahukan profesor mengubah cara pengajaran mereka (Carlson, 2005). Carlson (2005) juga melaporkan bahawa pelajar Millennial adalah bijak tetapi kurang sabar. Mereka mengharapkan keputusan segera dan selalu tertarik dengan alatan elektronik yang canggih. Oleh itu, berdasarkan kepada sikap semulajadi mereka, mungkin boleh dikatakan bahawa kaedah e-learning adalah lebih sesuai untuk generasi baru ini.
Namun, berpegang kepada tiada satu kaedah pengajaran yang sesuai untuk semua orang, saya percaya bahawa e-learning tidak boleh digunakan secara sepenuhnya di Malaysia. Beragai kaedah akan menarik minat lebih ramai pelajar untuk terus mengikuti kelas tersebut. Tidak berapa lama dulu juga, Kementerian Sumber Manusia mengeluarkan fakta mengenai faktor-faktor yang menyebabkan siswazah mengganggur di Malysia ini Salah satu sebabnya ialah kurangnya kemahiran sosial dalam kalangan siswazah tersebut.
Menurut Wahyu dan Yahya (2006) juga, perkembangan E-Learning di Malaysia adalah baru jika dibandingkan dengan negara-negara barat dan negara jiran, Singapura. Agenda IT Kebangsaan (NITA) telah dilancarkan pada Disember 1996 oleh ‘National IT Council (NITC) yang dipengerusikan oleh YAB Tun Dr Mahathir Mohamad, mantan Perdana Menteri Malaysia. NITA memberikan garis panduan bagaimana teknologi maklumat dan komunikasi, ICT dapat digunakan untuk menjadikan Malaysia sebuah negara maju selaraskan dengan Wawasan 2020 (NITC, 2001). Salah satu inisiatif awal NITC adalah untuk mewujudkan Koridor Raya Mltimedia, MSC bagi mencapai NITA. Strategi yang telah dirancangkan oleh NITC ialah ‘e-community, ‘e-public services’, ‘e-learning’, ‘e-economy’, dan ‘e-sovereignty’. Kementerian Pendidikan Malaysia dan sektor swasta seperti MIMOS dan Kumpulan Utusan pula telah dipertanggungjawapkan untuk menjayakan agenda ‘e-learning’ kebangsaan.
Banyak perbincangan yang telah dibuat untuk membuat perbandingan di antara kaedah pembelajaran taradisional dengan e-learning. Kaedah tradisional dikatakan tidak menjadikan suasana pembelajaran aktif berbanding dengan e-learning. Pelajar pada zaman ini yang digelar pelajar 'Net Generation' atau 'Millennial' mahukan profesor mengubah cara pengajaran mereka (Carlson, 2005). Carlson (2005) juga melaporkan bahawa pelajar Millennial adalah bijak tetapi kurang sabar. Mereka mengharapkan keputusan segera dan selalu tertarik dengan alatan elektronik yang canggih. Oleh itu, berdasarkan kepada sikap semulajadi mereka, mungkin boleh dikatakan bahawa kaedah e-learning adalah lebih sesuai untuk generasi baru ini.
Namun, berpegang kepada tiada satu kaedah pengajaran yang sesuai untuk semua orang, saya percaya bahawa e-learning tidak boleh digunakan secara sepenuhnya di Malaysia. Beragai kaedah akan menarik minat lebih ramai pelajar untuk terus mengikuti kelas tersebut. Tidak berapa lama dulu juga, Kementerian Sumber Manusia mengeluarkan fakta mengenai faktor-faktor yang menyebabkan siswazah mengganggur di Malysia ini Salah satu sebabnya ialah kurangnya kemahiran sosial dalam kalangan siswazah tersebut.
E-Learning di Singapura
Salah satu tantangan dalam difusi pengetahuan adalah pembelajaran yang berkualitas. Banyak metode dan inovasi yang telah dikembangkan dalam peningkatan kualitas pembelajaran tersebut, yaitu dengan pemuktahiran bahan ajar yang lebih mudah dipahami dan di pelajari. Pembelajaran melalui media elektronik seperti internet/extranet, satelit broadcast, audio/video, interaktif televisi, Cakra Padat, dan komputer berbasis pelatihan menjadi pilihan. Pada perkembangannya kegiatan semacam ini dikenal dengan elektronik learning (e-learning). Banyak negara yang telah sukses dalam mengembangkan e-learning di negaranya bahkan berdampak langsung terhadap ekonomi negara melalui penjualan konten. Singapura merupakan negara yang sukses menerapkannya. Tulisan ini bertujuan mengulas perkembangan pesat dalam bidang e-learning di Singapura dengan mengungkap gambaran pasar e-learning, kebijakan dan potret aplikasi e-learning di dunia pendidikan Singapura. Sehingga dapat dijadikan referensi dan contoh pembelajaran kesuksesan e-learning bagi Indonesia. Kesuksesan Singapura dalam mengembangkan dan mengimplementasikan e-learning, dikarenakan adanya komitmen dari pemerintah dan pelaku industri untuk mengembangkan sektor ini. komitmen tersebut diikuti dengan memberikan insentif bagi pengembangan aplikasi dan pemenuhan infrastruktur dasar, serta kesadaran bersama para pengguna terutama di sektor pendidikan untuk memanfaatkan aplikasi pembelajaran tersebut. Hal inilah yang dapat dijadikan pembelajaran bagi Indonesia dalam pengembangan dan implementasi e-learning. Salah satu E-Learning buatan Singapura adalah https://www.ace-learning.com/ .
Sistem ACE-Learning Pte Ltd didirikan pada tahun 2001 dengan dana awal dari Infocomm Development Authority (IDA) dari Singapura, dengan visi menjadi kelas dunia penyedia solusi e-learning untuk Matematika dan misi memainkan peran utama dalam menciptakan menyenangkan dalam belajar Matematika. ACE-Learning sekarang adalah pilihan populer di kalangan sekolah menengah di Singapura. Lebih dari 80% dari sekolah menengah di Singapura berlangganan ACE-Learning. konten disesuaikan luas ACE-Learning dan Learning Management System (LMS) dengan fitur user-friendly mempromosikan Self-diarahkan Learning (SDL) dan Collaborative Learning (COL). Dengan umpan balik yang sangat baik, saran dan permintaan dari guru, orang tua dan siswa, sumber daya akan terus berkembang. cakupannya sekarang melampaui buku teks dengan aplikasi pengembangan konsep baru dan contoh yang menginspirasi dan memperlengkapi orang-orang muda untuk memulai kegiatan penelitian pribadi dan penemuan atau untuk mengejar pendidikan lebih lanjut di Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika (STEM).
KESIMPULAN
Salah satu tantangan dalam difusi pengetahuan adalah pembelajaran yang berkualitas. Banyak metode dan inovasi yang telah dikembangkan dalam peningkatan kualitas pembelajaran tersebut, yaitu dengan pemuktahiran bahan ajar yang lebih mudah dipahami dan di pelajari. Pembelajaran melalui media elektronik seperti internet/extranet, satelit broadcast, audio/video, interaktif televisi, Cakra Padat, dan komputer berbasis pelatihan menjadi pilihan. Pada perkembangannya kegiatan semacam ini dikenal dengan elektronik learning (e-learning). Banyak negara yang telah sukses dalam mengembangkan e-learning di negaranya bahkan berdampak langsung terhadap ekonomi negara melalui penjualan konten. Singapura merupakan negara yang sukses menerapkannya. Tulisan ini bertujuan mengulas perkembangan pesat dalam bidang e-learning di Singapura dengan mengungkap gambaran pasar e-learning, kebijakan dan potret aplikasi e-learning di dunia pendidikan Singapura. Sehingga dapat dijadikan referensi dan contoh pembelajaran kesuksesan e-learning bagi Indonesia. Kesuksesan Singapura dalam mengembangkan dan mengimplementasikan e-learning, dikarenakan adanya komitmen dari pemerintah dan pelaku industri untuk mengembangkan sektor ini. komitmen tersebut diikuti dengan memberikan insentif bagi pengembangan aplikasi dan pemenuhan infrastruktur dasar, serta kesadaran bersama para pengguna terutama di sektor pendidikan untuk memanfaatkan aplikasi pembelajaran tersebut. Hal inilah yang dapat dijadikan pembelajaran bagi Indonesia dalam pengembangan dan implementasi e-learning. Salah satu E-Learning buatan Singapura adalah https://www.ace-learning.com/ .
Sistem ACE-Learning Pte Ltd didirikan pada tahun 2001 dengan dana awal dari Infocomm Development Authority (IDA) dari Singapura, dengan visi menjadi kelas dunia penyedia solusi e-learning untuk Matematika dan misi memainkan peran utama dalam menciptakan menyenangkan dalam belajar Matematika. ACE-Learning sekarang adalah pilihan populer di kalangan sekolah menengah di Singapura. Lebih dari 80% dari sekolah menengah di Singapura berlangganan ACE-Learning. konten disesuaikan luas ACE-Learning dan Learning Management System (LMS) dengan fitur user-friendly mempromosikan Self-diarahkan Learning (SDL) dan Collaborative Learning (COL). Dengan umpan balik yang sangat baik, saran dan permintaan dari guru, orang tua dan siswa, sumber daya akan terus berkembang. cakupannya sekarang melampaui buku teks dengan aplikasi pengembangan konsep baru dan contoh yang menginspirasi dan memperlengkapi orang-orang muda untuk memulai kegiatan penelitian pribadi dan penemuan atau untuk mengejar pendidikan lebih lanjut di Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika (STEM).
KESIMPULAN
Indonesia termasuk 10
besar negara pengguna internet yang jumlahnya naik secara cepat. Kesepuluh
negara ini adalah Brazil, Chili, India, Indonesia, Malaysia, Mexico, Portugal,
Sepanyol, Thailand, dan Ukrania. Tumbuhnya pengguna internet yang pesat
tersebut tentu berkaitan dengan pandangan masyarakat yang memandang menggunakan
internet adalah suatu kebutuhan untuk mendukung kegiatannya sehari-hari,
termasuk dalam kebutuhan pendidikan yang diimplikasikan pada e-learning. Banyak hal yang mendorong mengapa e-learning menjadi salah satu
pilihan untuk penyelesaian masalah pendidikan, hal yang paling utama adalah
pesatnya failitas teknologi informasi yang tersedia saat ini. Namun harus diakui
bahwa pemanfaatan e-learning di Indonesia masih tertinggal bila
dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Thailand,
Philippines dan Singapore atau bila dibandingkan dengan di
negara-negara maju. Dikarenakan pengguna internet di Indonesia masih kecil. Di
Indonesia, pengguna internet diperkirakan sebesar 7 juta atau
sekitar 3 % dari jumlah penduduk. Dimana perkembangan internet
yang cepat akan mempengaruhi berbagai kegiatan yang pada dasarnya akan
memudahkan siapapun pengguna akses tersebut.
Berbagai keterbatasan dan fasilitas berkembangnya internet
di Indonesia belum seperti yang diharapkan.Walaupun jumlah pengguna internet
maupun jumlah Internet domains di Indonesia naik secara tajam, namun
pemanfaatan internet untuk pembelajaran masih terbatas. Padahal di negara
tetangga seperti Thailand dan Malaysia, internet dan fasilitas ICT sudah
dimanfaatkan di sekolah sekolah lanjutan. Ini artinya tiap sekolah lanjutan
sudah disedikan fasilitas komputer. Di Malaysia dikenal dengan istilah SMART
School. Sekolah ini bekerjasama dengan Telekom Malaysia di mana dalam
pelaksanaannya bukan saja sekolah memanfaatkan IT dan internet untuk keperluan
proses belajar dan mengajar, tetapi juga dipakai untuk tujuan efisiensi
manajemen pengelolaan pendidikan. Pejabat yang membidangi pendidikan baik di
tingkat distrik, maupun di tingkat nasional dapat memonitor pelaksanaan dari
proses belajar dan mengajar di sekolah secara lebih mudah.
REFERENSI
• Gatot Hari Priowirjanto, Penerapan
Teknologi Informasi dalam rangka Membuka Informasi ke Pusat-Pusat Pertumbuhan,
Seminar Optimalisasi Networking dalam Pengembangan Teaching Factory VEDC Malang
– 18 Desember 2008
• http://www.moodle.org/sites
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.